Anggota HMJ Ilmu Perpustakaan UINSU dalam Kepanitian di Library Festival UINSU 2021

Perpustakaan UIN Sumatera Utara menggelar festival bertajuk “Library Festival 2021: The Rise of Collaboration Age” yang diadakan pada tanggal 16 November-17 November 2021 bertempat di Perpustakaan UIN Sumatera Utara Kampus IV Tuntungan. Dalam pelaksanaannya, perpustakaan UINSU berkolaborasi dengan HMJ Ilmu Perpustakaan yang berkontribusi dalam kegiatan ini yaitu sebagai panitia dan tim yang membantu dalam mensukseskan acara library festival ini. Bersama dengan ini, HMJ Ilmu Perpustakaan ikut berkontribusi dalam terselenggaranya Library Festival 2021. Terdapat beberapa divisi kepanitiaan diantaranya : acara, dekorasi, humas, dan keamanan. 

Library Festival ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh perpustakaan UINSU dalam rangka pengenalan perpustakaan kepada masyarakat khususnya bagi mahasiswa UINSU. dari tahun ke tahun Library Festival ini dimeriahkan dengan banyak kegiatan seperti adanya seminar, bazar buku, bazar makanan, pentas seni, serta banyak kegiatan lainnya yang dilakukan berbeda di tiap tahunnya. dan pada tahun 2021 ini perpustakaan UINSU bersama dengan HMJ Ilmu Perpustakaan UINSU turut mengadakan pameran karya seni dan prestasi mahasiswa UINSU. berbagai fakultas turut meramaikan kegiatan ini dengan mengisi stand yang sudah disediakan. semua fakultas memiliki ciri khas dan konsepnya masing masing untuk di tampilkan. Dalam hal ini Fakultas Ilmu Sosial yang diwakilkan oleh Jurusan Ilmu Perpustakaan turut meramaikan dengan menunjukkan berbagai karya dan prestasi yang didapat oleh mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. Stand Ilmu Perpustakaan terdiri dari berbagai piala, piagam dari berbagai macam jenis perlombaan yang dimenangkan oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

Stand Ilmu Perpustakaan yang dijaga oleh anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UINSU

Selain mengadakan stand tiap fakultas tersebut, rangkaian kegiatan lainnya yaitu diadakannya Nobar Film, Launching website Perpustakaan UINSU, Seminar Nasional, Jelajah Perpustakaan UINSU Tuntungan, dan juga Bazar. Acara ini juga diisi oleh Lembaga Kreativitas Seni Mahasiswa (LKSM) yang merupakan salah satu UKK/UKM yang da di UINSU dalam bidang kesenian. Seminar Nasional dibuka oleh Ibu Prof. Nurhayati, M.Ag yang merupakan kepala perpustakaan UINSU. Kemudian acara seminar diisi oleh seorang narasumber yaitu bapak Edi Wiyono yang merupakan salah satu Pustakawan Perpusnas RI dan dipandu oleh moderator yaitu ibu Franindya Purwaningtyas, MA yang merupakan Sekretaris Jurusan Ilmu Perpustakaan UINSU.

Panitia Library Festival yang terdiri dari anggota HMJ Ilmu Perpustakaan dan pustakawan UINSU

Reported by: Intan Humaira dan Wiwik Dwi Febianti