Prodi Ilmu Perpustakaan Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa

Senin, 20 Maret 2023. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan melaksanakan pelatihan  penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan dan beberapa mahasiswa di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Kegiatan dilaksanakan di Aula Theatre Perpustakaan UINSU Kampus IV Tuntungan.

Acara pembukaan kegiatan ini dihadiri Dekanat dan pimpinan Fakutas Ilmu Sosial UINSU dan para dosen prodi Ilmu Perpustakaan. Kegiatan dibuka oleh  Dekan Fakultas Ilmu Sosial Prof. Dr. Abdurrahman, M.Pd. Dalam sambutnnya beliau mengharapkan mahasiswa prodi Ilmu perpustakaan bersungguh-sungguh untuk mengikuti kegiatan ini. Para mahasiswa harus menguasai bagaimana cara penulisan artikel  ilmiah yang standard, agar tulisan tersebut dapat di terima dalam jurnal yang terakreditasi dan berreputasi baik internasional maupun nasional. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir tersebut.  

Ketua Program studi Ilmu Perpustakaan Dr. Abdul Karim Batubara, MA, sebagai ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti mahasiswa prodi ilmu perpustakaan semester akhir dan UNIMED sebanyak 100 peserta. Hadirnya mahasiswa dari UNIMED merupakan bentuk kerjasama antara UIN Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan. 

Tujuan kegiatan ini adalah mempersiapkan mahasiswa untuk dapat menulis artikel jurnal sesuai dengan kaidah penulisan jurnal yang standard. Disamping itu tujuan pelatihan ini adalah membantu mahasiswa semester untuk mempersiapkan penyelesaian tugas akhir baik melalui penulisan jurnal maupun melalui skripsi. Dalam tahun ini terdapat 40 mahasiswa yang mengambil jalur artikel jurnal dalam penyelesaian studinya.Sebagai pemateri kegiatan pelatihan ini adalah Nasrullah Hidayat, M.SC dari Fakultas Ekonomi UNIMED dan  Dodi Siregar S.E S.Kom. M.Kom dari Universitas Harapan Medan.  Adaapun materi yang disampaikan pemateri pertama yakni tips dan trik penulisan karya ilmiah baik struktur artikel dan penilaian artikel jurnal. Sedangkan pemateri kedua  menyampaikan strategi publikasi ke jurnal akreditasi sinta.